Abstract
Learning
Media is everything that can channel the message, can stimulate the mind,
feeling, and the willingness of the students so as to encourage the creation of
self-learning process in learners.
Learning
Media is a means of factors that influence learning system. Support is
everything that supports directly on the effectiveness of the process of
learning, such as learning media, educational tools, school supplies.
Media use
during the learning process can be used by teachers in the following situations
is the result diminished attention students already bored listening to
descriptions of teachers, materials and teacher explained by poorly understood
by students, the limited resources of learning, and teachers are not passionate
taught using words continues consequently many hours teaching constantly.
The Internet
is a computer network that connects various information and communicate with
each other and used as a source of knowledge from a variety of media.
Internet as
a learning medium has good benefits for teachers and students. Internet as a
learning medium has great benefits for students. Internet benefits for
students, communication with them is easier for everyone to exchange ideas and
discuss in a website, become a means answering all questions the students who
can not find the answer to them, find your friends from foreign countries that
can help them in life social and exchanging experiences can be a place in
education or in other things, and to expand the horizons of all sorts of
knowledge about the outside world. Internet benefits for teachers, among which
is the source to add learning materials, exchange information with other
teachers in different parts of the world who are more experienced, add insight
to the development of age appropriate lessons, follow the technology and all
the times that happens, the place learning in order to be able to answer all
questions asked of his students.
Exploiting
the Internet as a learning medium is essential. Internet in learning is very
important because there are harnessing some of the Internet in facilitating the
learning process. In addition to the availability of the internet as a medium
of learning can help develop the learning process more interesting.
Abstrak
Media pembelajaran adalah segala sesuatu
yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, persaan, dan kemauan
peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri
peserta didik.
Media pembelajaran merupakan faktor
sarana yang mempengaruhi sistem pembelajaran. Sarana adalah segala sesuatu yang
mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya
media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah.
Penggunaan media pada waktu proses
pembelajaran dapat digunakan oleh guru pada situasi berikut adalah perhatian
siswa sudah berkurang akibatnya bosan mendengar uraian guru, bahan pelajaran
yang dijelaskan oleh guru kurang dipahami oleh siswa, terbatasnya sumber
pembelajaran, dan guru tidak bergairah mengajar dengan menggunakan kata-kata
terus menerus akibatnya banyak jam mengajar.
Internet
adalah suatu jaringan informasi berbagai komputer yang terhubung dan
berkomunikasi satu sama lain yang digunakan sebagai sumber dan media dari
berbagai pengetahuan.
Internet sebagai media pembelajaran
juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa. Internet
sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet
bagi siswa, diantaranya : (a) Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk
bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu website. (b) Menjadi sarana
penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan
jawabannya. (c) Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa
membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar
pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya. (d) Menambah wawasan
tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
Internet
tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para
guru. Manfaat internet bagi para guru, diantaranya : (a) Menjadi sumber untuk
menambah bahan pelajaran. (b) Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di
berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman. (c)Menambah wawasan pelajaran
sesuai dengan perkembangan zaman.
(d) Mengikuti teknologi dan segala
perkembangan zaman yang terjadi.
(e) Menjadi tempat pembelajaran agar
bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
Pemanfaatan internet sebagai media
pembelajaran merupakan hal yang penting.
Internet dalam pembelajaran sangat penting karena ada pemanfaatan beberapa aplikasi internet yang
memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
Di samping itu adanya internet sebagai
media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih
menarik.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era
globalisasi, perkembangan ilmu dan
teknologi sangat pesat. Oleh karena dalam dunia pendidikan pun tidak terlepas
dari perkembangan internet. Dalam dunia
pendidikan sering kali muncul masalah yang berhubungan dengan proses
pembelajaran yaitu lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran,
seorang guru memiliki peranan penting demi tercapainya kegiatan pembelajaran di
sekolah. Guru menjadi ujung tombak
terciptanya proses pembelajaran. Meskipun guru mempunyai kecerdasan tanpa
didukung dengan media pembelajaran yang baik maka proses pembelajaran itu akan
menjenuhkan dan kurang menarik minat
siswa.
Untuk itu dalam
pembelajaran perlu adanya media pembelajaran yaitu internet. Dengan adanya
media tersebut setiap siswa mampu memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan
pendidikan. Di samping itu pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran
sangat mempermudah siswa dalam dalam mengakses sebuah informasi pengetahuan,
mengirim tugas-tugas sekolah lewat email, dan sebagainnya. Selain siswa, guru juga
dapat mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran. Pemanfaatan media internet
sangat penting bagi terlaksananya
pembelajaran yang baik.
Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat
berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui
kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan
kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi bukan saja dapat mempermudah dan
mengefektifkan proses pembelajaran akan tetapi juga bisa membuat proses
pembelajaran yang lebih menarik.[1]
Media yang paling popular dewasa ini adalah penggunaan
komputer atas talian (internet). Beberapa faktor menyumbang kepopularan ini
termasuk ketersediaannya secara cuma-cuma untuk semua lapisan pengguna dan juga
adanya ciri-ciri internet yang boleh dimanfaatkan untuk pengajaran dan
pembelajaran.[2]
Pemanfaatan internet dalam
pembelajaran merupakan hal yang penting. Setiap komponen yang berada dalam
lingkup pendidikan dapat memanfaatkan berbagai aplikasi internet dengan mudah dan memudahkan mendapatkan
berbagai informasi pengetahuan. Sesuai dengan perkembangan teknologi,
penggunaan internet memiliki dampak yang positif dan negatif. Dampak posistif
yaitu bagi siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran, dan bagi guru dapat mempermudah menyediakan media pembelajaran
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan terciptanya pembelajaran yang menarik. Di
samping itu juga ada dampak penggunaan internet yaitu banyaknya terjadi
kejahatan.
B. Rumusan Masalah
1. Mengapa
pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting ?
2. Bagaimana
manfaat internet sebagai media pembelajaran ?
3. Apa
keunggulan dan kelemahan internet dalam pembelajaran ?
BAB
II
PEMBAHASAN
PENTINGNYA PEMANFAATAN INTERNET
SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media Pembelajaran
Media
berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara
harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar
sumber pesan dengan penerima pesan.[3]
Pembelajaran
ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan
pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan
oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta
didik atau murid. Konsep pembelajaran menurut Corey (1986:195) adalah suatu
proses dimana lingkunagn seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan
ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau
mengahsilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset
khusus dari pendidikan.[4]
Beberapa
ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977)
mengemukakakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang
dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sementara itu, Briggs (1977)
berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan
isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associstion (1969)
mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk
cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangakat keras.
Dari
ketiga pendapat ahli dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala
sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, persaan, dan
kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada
diri peserta didik.
Media
pembelajaran merupakan faktor sarana yang mempengaruhi sistem pembelajaran.
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran
proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran,
perlengkapan sekolah dan sebagainya.
Prinsip-prinsip
pemilihan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Tujuan
pemilihan. Memilih media yang akan digunakan harus berdasarkan maksud dan
tujuan.
b. Karakteristik
media pembelajaran.
c. Alternatif
pilihan
Penggunaan media pada waktu proses
pembelajaran dapat digunakan oleh guru pada situasi berikut:
a. Perhatian
siswa sudah berkurang akibatnya bosan mendengar uraian guru.
b. Bahan
pelajaran yang dijelaskan oleh guru kurang dipahami oleh siswa
c. Terbatasnya
sumber pembelajaran.
d. Guru
tidak bergairah mengajar dengan menggunakan kata-kata terus menerus akibatnya
banyak jam mengajar.
Guru memilih media yang digunakan untuk pembelajaran, sebaiknya guru memperhatikan kriteria sebagai berikut:
a. Ketepatan
dengan tujuan pembelajaran.
b. Dukungan
terhadap isi bahan pelajaran.
c. Kemudahan
dalam memperoleh media.
d. Keterampilan
guru dalam menggunakannya.
e. Tersedia
waktu untuk menggunkannya. Sesuai dengan taraf berpikir siswa.
Dari
kriteria dalam pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan untuk
memperlancar penyampaian informasi mengenai isi pelajaran yang akan dismapaikan
oleh guru, tampak dengan jelas bahwa media pengjaran berfungsi untk memudahkan
siswa untuk menerima informasi tersebut dengan variasi metdoe mengajar,
kegiatan belajar berfokus pada siswa, dan hal yang penting lainnya adalah
kemampuan guru dalam menggunakannya. Disamping itu guru akan lebih mudah untuk
menentukan media yang digunakan dengan tepat untuk membantu mempermudah guru
dalam memperjelas bahan pengajaran.[5]
B. Konsep Dasar Internet
1. Pengertian
Internet
Perkembangan
teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sangat membawa dampak baik
bagi perkembangan internet di berbagai dunia. Perkembangan internet juga
mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Internet banyak digunakan dalam
berbagai kegiatan dalam pendidikan dan pembelajaran.
Internet,
singkatan dari interconection dan
networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest global network of computer, that enables people
throughoutthe world to connect with each other”. Internet diluncrkan
pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) Pada bulan Agustus 1962.[6]
Internet
merupakan jaringan global yang menghubungkan dengan beribu bahkan berjuta
jaringan komputer (local/wide area network) ajaran dan medan komputer pribadi
(stand alone), yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung dengannya boleh
melakukan komunikasi diantara satu sama lain. (Brace, 1997).[7]
Sidharta (1996) memberikan definisi
yang sangat luas terhadap pengertian internet. Internet adalah forum global pertama dan
perpustakaan global pertama dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam
segala waktu. Karena internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat
memanfaatkannya sebagai
media
pembelajaran.[8]
Dari beberapa pendapat dapat
disimpulkan bahwa internet adalah suatu jaringan informasi berbagai komputer
yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain yang digunakan sebagai sumber
dan media dari berbagai pengetahuan.
2. Spesifikasi Peralatan Internet
Agar kita dapat mengoperasikan
internet dengan baik, maka dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang
memadahi. Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik yang membentuk suatu
sistem komputer serta peralatan-peralatan lain yang mendukung komputer untuk
melakukan tugasnya. Perangkat keras tersebut berupa:
(1) satu unit komputer,
(2) modem,
(3) jaringan telepon,
(4) adanya sambungan dengan ISP (Internet Service Provider).
Sedangkan perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini kita pilih sesuai dengan:
(1) kemampuan perangkat keras yang kita miliki,
(2) kelengkapan layanan yang diberikan,
(3) kemudahan dari perangkat itu untuk kita operasikan dalam
(User
Friendly).
3. Fungsi
Internet
Menurut
Kenji Kitao, ada enam fungsi internet yang dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari (Kitao 1998) yaitu fungsi sebagai alat komunikasi, sebagai alat
mengakses informasi, fungsi pendidikan dan pembelajaran, serta fungsi tambahan
(suplemen), fungsi pelengkap (komplemen), dan fungsi pengganti (substitusi).[9]
1) Fungsi
sebagai alat komunikasi
Dalam dunia pendidikan sangat
diperlukan komunikasi yang baik antara guru, siswa, orang tua, dan
instansi-instansi yang berhubungan dengan pendidikan. Komunikasi dalam internet
dapat dilakukan melalui email dan
aplikasi internet lainnya yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
2) Fungsi
sebagai alat mengakses informasi
Internet juga dapat dijadikan
sebagai pembelajaran elektronik. Oleh
karena itu bahan pembelajaran elektronik dapat dikemas dan dimasukkan kedalam
jaringan sehingga dpat diakses melalui internet. Maka dalam dunia pembelajaran,
siswa dapat mengakses berbagai mata
pelajaran yang ditugaskan ole guru. Guru juga dapat memperoleh berbagai
pengetahuan tentang bahan pembelajaran dengan mengakses aplikasi internet yang
ada.
3) Fungsi
pendidikan dan pembelajaran
Dalam internet terdapat berbagai
informasi pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena itu internet juga bisa
dijadikan perpustakaan tetapi dalam bentuk jaringan komputer. Internet dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainnya tujuan
pendidikan dan pembelajaran.
4) Fungsi
tambahan (Suplemen)
Dalam pembelajaran internet juga
dijadikan menjadi fungsi tambahan sebagai media pembelajaran. Siswa dapat
memanfaatkan internet dengan mencari materi pembelajaran tambahan selain di
buku.
5) Fungsi
pelengkap (Komplemen)
Dalam pembelajaran, internet juga
digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran peserta didik di dalam kelas.
6) Fungsi
pengganti (Substitusi)
Fungsi pengganti di sini dimaksudkan
bahwa dalam pembelajaran bisa mengganti model pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis
internet dengan menggunakan media internet.
4. Aplikasi
Internet
Aplikasi
untuk berkomunikasi dengan oranglain antara lain adalah sebagai berikut:
a. Email
b. Laman
Web (World Wide Web)
c. Internet
Relay Chat
d. Telnet
e. Kumpulan
berita dan diskusi
f. Telekonferens
g. Instant
messaging
h. Newsgroups
C. Alasan Pentingnya Pemanfaatan
Internet Sebagai Media Pembelajaran
Proses pembelajaran merupakan proses
komunikasi. Yang jadi masalah adalah bagaimana agar proses komunikasi itu
berjalan dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara utuh.
Dari hal tersebut maka internet dijadikan sebagai media pembelajaran.
Perkembangan teknologi dengan media internet dalam pembelajaran berkembang
cepat. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat penting karena
ada beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan internet sebagai media
pembelajaran sangat baik untuk digunakan untuk membantu guru untuk mempermudah
penyampaian pembelajaran kepada siswa. Hal
tersebut dikarenakan dalam pembelajaran,
guru sering dihadapkan berbagai hal yang mengharuskan kita tidak bisa bertatap
muka langsung dengan siswa. Di samping itu adanya internet sebagai media pembelajaran dapat
membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
Media pembelajaran melalui internet
merupakan imbas dari teknologi yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, dalam
proses pembelajaran juga mau tidak mau harus mampu menggalakkan pembelajaran
yang berbasis IT. Pembelajaran yang akan dilakukan akan lebih menarik dan tidak
menjenuhkan. Semua hal yang berhubungan dengan bahan pelajaran, sumber
pelajaran akan terangkum dalam sebuah aplikasi dalam internet. Di samping itu
internet juga mampu menjangkau
pembelajaran jarak jauh. Dengan teknologi internet yang meluas di seluruh
dunia, setiap guru/ siswa mampu berdiskusi dan berinteraksi dengan baik dengan
guru/ siswa di belahan negara lain. Penggunaan internet sebagai media
pembelajaran saat ini juga sangat dianjurkan demi tercapainya pembelajaran yang
internet dan memberikan berbagai wawasan tentang berbagai kemudahan aplikasi
dalam internet yang berkaitan dengan pembelajaran.
Guru dalam memilih internet sebagai media pembelajaran
mempunyai alasan antara lain sebagai
berikut :
a. Guru
dan siswa agar melek teknologi internet.
b. Guru
dan siswa mampu menggunakan aplikasi internet yang berhubungan dengan
pembelajaran.
c. Guru
dan siswa mampu menambah wawasan dalam berbagai hal yang berhubungan dengan
pendidikan.
d. Adanya
pembelajaran tidak langsung tetapi siswa
tetap memperoleh pengetahuan dengan media internet.
e. Guru
akan lebih kreatif dalam memberi tugas melalui media yang interaktif yaitu
internet
D. Pemanfaatan Internet Sebagai Media
Pembelajaran
Dalam
pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan internet. Hal ini disesuaikan
dengan berkembangnya teknologi dan informasi di berbagai belahan dunia. Untuk
itu dalam pembelajaran guru harus mampu menerapkan internet sebagai media dalam
pembelajaran.
Beberapa
aplikasi internet yang mampu menyokong keperluan kependidikan diantaranya[10] :
a. Email
Email (Mel elektronik) adalah satu perkhidmatan
komunikasi melalui internet. Mel elektronik biasanya berupa teks. Tetapi ia
juga boleh melinatkan image grafik dan suara (voice mail).
Antara aktivitas yang boleh dilakukan oleh guru dengan
menggunakan email adalah berkomunikasi secara dalaman dan luaran sesama guru,
ibu-bapak, pelajar, pihak pejabat serta kementerian, mendapatkan khidmat
nasihat pakar dan bantuan teknikal, berkongsi, dan bertukar pendapat berhubung
dengan proses pengajaran dan pembelajaran , teknik pengajaran terbaik, idea
kreatif dan inovatif, latihan dan penilaian, bahan bantu mengajar dan
sebagainya dan menghubungi agensi pusat dan swasta serta institusi pendidikan
lain mngenai sesuatu program dan polisi yang digunakan khususnya dalam
menyelesaikan sesuatu masalah yang timbul (Zulkifli, 1998).
Antara
aktiviti yang boleh dilakukan oleh
pelajar melalui email adalah berkongsi menjalankan sesuatu projek dengan
pelajar di sekolah lain, berbincang dengan rekan dari kalangan berbagai budaya
dan latar belakang negara mengenai berbagai isu semasa, menggalakkan
perkembangan bahasa terutama bahasa inggris melalui komunikasi dengan rekan
pena diluar negara, dan mendapatkan bahan dan teknik di dalam menyelesaikan
sesuatu masalah pelajaran secara “online”. Seorang guru boleh mnereima dan
memeriksa hasil tugas pelajaran melalui email.
Zoraini (1996) menambah aktiviti-aktiviti seperti diatas
akan memberi banyak faedah kepada para pelajar. Ini termasuk pelajar yang lebih
peka terhadap isu semasa dunia, dapat membiasakan diri dengan aplikasi
komputer, berpeluang menjalankan aktiviti kumpulan dan dapat meningkatkan
kemahiran berfikir, kemahiran berbahasa atau kemahiran berkomunikasi.
b. Laman
Web (World Wide Web)
Rangkaian sedunia WWW
adalah sebagian daripada internet dan merupakan satu koleksi besar dokumen yang
dikenali sebagai “halaman web” (TMB, 1998, Crumlish, 1996). Halaman web
merupakan komponen yang menjadikan internet lebih menarik dan paling diminati
oleh siapa sja yang dapat mengaksesnya. Para pendidik boleh mendaptkan
kandungan teks penuh, artikel, rancangan pengajaran dan lain-lain bahan
pengajaran. Laman (http://k12.cnidr.org:90/
web. Intro.html) contohnya mneguraikan cara-cara World
Wide Web khususnya dalam mereformsikan kurikulum. Crumlish (1996) mencadangkan
WWWdalam pendidikan digunakan sebagai tutor, pusat sebaran dan penerbitan,
medan perbincangan (forum), dan pemandu (search angine).
c. Internet
Relay Chat
Internet Relay Chat biasanya merujuk pada skeumpulan
orang berbual sesama sendiri dengan menggunakan papan kekunci. Namun samapi
saat ini sudah terdapat perisian yang membolehkan komunikasi secara audio dan
visual deang bantuan beberapa alat tambahan. Komunikasi seperti ini sering
disebut seabgai telesidang (video conferencing). IRC menyediakan berbagia tajuk
perbualan dan pengguna-pengguna di seluruh dunia berbincang tentang berbagai
tajuk tersebut secara serentak.
d. Telnet
Telnet adalah kemudahan menggunakan komputer yang
beralokasi di benua lain, seolah-olah sama seperti menggunakan komputer yang
ditempatkan dalam sebuah bangunan yang sama.
e. Kumpulan
berita dan diskusi
Internet menyediakan pentas-pentas perbincangan dalam
pelbagai sebjek. Kumpulan berita dan diskusi adalah aplikai dan lanjutan kepada
penggunaan email secara berkesan. Komuniti-komuniti ynag terbentuk secara
elektronik yang mempunyai minat yang sama membolehkan ahli-ahli yang menyertai
kumpulan diskusi berkongsi pendapat dan membantu di antara stau sama lain tanpa
batasan sempadan geografi.
f. Pemindahan
File (FTP)
Perkembangan dari internet, file dalam bentuk teks,
grafik, audio atau video amat mudah untuk dipindahkan dari satu komputer yang
lain dengan menggunakan “File Transfer Protokol (FTP)”. Segala bahan
pembelajaran yang terdapat dalam sesuatu server (di mana-mana institusi
pendidikan) bisa dipindahkan ke komputer kita di rumah atau di sekolah tanpa
mengalami perubahan.
Pada saat ini terdapat pelbagai naskah yang boleh didowload secar
gratis ataupun membayar. Kita juga boleh memuatkan kembali (upload) segala file
ke dalam sesuatu server untuk dimanfaatkan oleh orang lain, terutam para
pendidik dan pelajar di seluruh dunia.
g. Telekonferens
Telekonferens adalah sistem penyampaian elektronik yang
melibatkan komunikais dua arah antara dua atau lebih pusat telekonferens secara
langsung. Telekonferens ini juga amat sesuai bagi melaksanakan Pendidikan Jarak
Jauh karena sesuai dengan tujuan menjalankan seminar, kuliah, ceramah,
tutorial, talkshow, perdebatan, persidangan, pemyampaian kajia, dan juga
bimbinagn konseling. Menurut J.Makki (2001), penggunaan telekonferens ini akan
menyelesaikan banyak masalah pembelajaran di kalangan pelajar dan guru-guru
ICT. Walau bagaimanapun, pelaksanaan
telekonferens ini memerlukan perancangan dan latihan yang rapi malah latihan
dan percobaan perlu dijalankan sebelum menggunakan peralatan media ini.
Berdasarkan kajian, telekonferens ini dalah sesuia
dengan aplikasi sistem pendidikan sebuah negara yang membangun yang berdasarkan
teknologi komunikasi seperti ini berlaku di Finlandia (J.Makki, 2001) dan
Singapura (Hu. Chun, 2001), sedangkan di Indonesia telekonferens sering
diadakan untuk bertukar pengetahuan seperti Total Quality Management yang
diselenggarakan oleh Asian Productivity Organization (APO) di Jakarta, Bnagkok,
Tokyo, India, Phillipina, Kuala Lumpur dan Singapure secara serentak.
h. Instant
messaging[11]
Instant messaging dikenal juga dengan sebutan internet
text messaging, yaitu suatu ruang daklam internet yang gunannya untuk
menyampaikan pesan singkat dan langsung kepada orang lain.
Aplikasi dalam pembelajaran adalah digunakan oleh guru
untuk menyampaikan tugas-tugas pelajaran secara singkat kepada peserta didik.
Di samping itu guru dan siswa mampu berkomunikasi secara langsung dengan
menggunakan fasilitas ini.
i.
Newsgroups
Newsgroups dikenal juga dengan konsep internet
discussion group, yaitu suatu kelompok diskusi yang menggunakan sistem jaringan
komputer (internet), di mana setiap anggota menuliskan pesan/gagasan-gagasannya
untuk kemudian ditanggapin oleh anggota lain yang meminati topik bahasan yang
sama.
Aplikasi dalam pembelajaran dapat diterapkan dalam
kelompok diskusi di bidang pendidikan. Sehingga melalui aplikasi ini dapat
memberikan peluang untuk bertukar pikiran mengenai pembelajaran.
Guru
juga harus mampu membimbing setiap siswa dalam penggunaan internet sebagai
media pembelajaran. Di samping itu guru juga harus mampu menyeleksi tugas-tugas
yang berhubungan dengan pemanfaatan internet. Internet sebagai media
pembelajaran juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa.
Internet sebagai media pembelajaran
mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet bagi siswa, [12]diantaranya
:
- Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu website.
- Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya.
- Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya.
- Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
Internet tidak hanya memberikan
manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet
bagi para guru, diantaranya :
- Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran.
- Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman.
- Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
- Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
- Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
Internet dalam
perkembangannya tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan dari internet.[13]
1) Kelebihan
Internet
a. Internet
memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga
akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
b. Akses
infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang
dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat
melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari
dan 7 hari seminggu.
c. Akses
informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari
informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik
icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor
komputer kita.
d. Internet
juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning
yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan
kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb. Tentu
saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang
ditetapkan oleh lembaga tersebut.
e. Kita
dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal
jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
f. Dibandingkan
dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet
jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa
informasi secara cuma-cuma. Kita tinggal mengunduh atau mencetak informasi yang
kita butuhkan.
2)
Kelemahan Internet
a. Informasi
yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita
butuhkan.
b. Internet
bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs
tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru
membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
c. Salah
satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko
terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun
melalui file-file yang kita unduh.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting. Internet dalam pembelajaran sangat penting
karena ada pemanfaatan beberapa aplikasi
internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. Di samping itu adanya internet sebagai media pembelajaran dapat
membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
Internet
sebagai media pembelajaran juga mempunyai manfaat baik bagi guru maupun siswa. Internet sebagai media pembelajaran
mempunyai manfaat baik bagi siswa. Manfaat internet bagi siswa, diantaranya :
(a) Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan
berdiskusi dalam suatu website. (b) Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan
para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya. (c) Menemukan
teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan
sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun
dalam hal lainnya. (d) Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan
tentang dunia luar.
Internet tidak hanya memberikan
manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet
bagi para guru, diantaranya : (a) Menjadi sumber untuk menambah bahan
pelajaran. (b) Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan
dunia yang lebih berpengalaman. (c)Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan
perkembangan zaman.
(d)
Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
(e)
Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
Internet dalam
perkembangannya tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan dari internet. Kelebihan
Internet anatara lain : (a) Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan
jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi
waktu, tempat, dan negara. (b) Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh
waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur.
Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet
kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. (c) Akses informasi
melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada
halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon
tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer
kita. (d) Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti
fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu
yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis
online, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan
mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. (e) Kita dapat
berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika
kita memasuki mailing list atau melakukan chatting. (f) Dibandingkan
dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet
jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa
informasi secara cuma-cuma. Kita tinggal mengunduh atau mencetak informasi yang
kita butuhkan.
Kelemahan
Internet antara lain : (a) Informasi yang tersedia di internet sangat besar
jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan. (b) Internet bersifat interaktif
dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang
membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru membuat pencarian
informasi kita terbengkalai dan lepas kendali. (c) Salah satu kelemahan
internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus
komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file
yang kita unduh.
B.
Saran
Semoga
pembahasan makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya
kita sebagai calon pendidik dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk
digunakan dalam proses pembelajaran. Kritik dan saran dari pembaca sangat
diperlukan demi perbaikan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
M, Pawit Yusup. 2010. KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL (Teori dan Praktik).
Jakarta: Bumi Aksara.
Prio, Edi Baskoro. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon: Penerbit
Swagati Press.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, Wina .2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/,
di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013 pukul 08.12
http://smaksanjose.wordpress.com/2012/03/02/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan,
di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.30
http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/kelebihan-dan-kekurangan-media-internet/, di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013
pukul 08.40
http://1009ifda.blogspot.com/2011/05/bermanfaatkah-internet-dalam
menunjang. html, di unduh Hari Sabtu, 09 Maret 2013 pukul 10.50
[1] Dr. Wina Sanjaya, M.Pd, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, Hal 162
[2] Drs. Edi Prio Baskoro, M.Pd,
2008, Media Pembelajaran, Cirebon :
Penerbit Swagati Press, Hal 105
[3] Ibid, Media Pembelajaran, Hal. 1
[4] Prof.Dr.H.Syaiful Sagala, M.Pd,
2011, Konsep dan Makna Pembelajaran,
Bandung : Alfabeta, Hal 61
[5] Ibid, Media Pembelajaran, Hal
30-32
[6]
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/,
di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013 pukul 08.12
[7] Ibid. Media Pembelajaran, Hal 106
[8]
http://re-searchengines.com/rustanti20708.html
, di unduh Hari Selasa, 05 Maret 2013. pukul 08.30
[9]
http://1009ifda.blogspot.com/2011/05/bermanfaatkah-internet-dalam menunjang. html, di unduh Hari
Sabtu, 09 Maret 2013 pukul 10.50
[10] Drs. Edi Prio Baskoro, M.Pd,
2008, Media Pembelajaran, Cirebon :
Penerbit Swagati Press, Hal 107-113
[11] Pawit M.Yusup, 2010, KOMUNIKASI
INSTRUKSIONAL (Teori dan Praktik), Jakarta : Bumi Aksara, Hal 229-230
[12]
smaksanjose.wordpress.com/2012/03/02/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan,
di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.30
[13] http://ismail403.wordpress.com/2013/01/06/kelebihan-dan-kekurangan-media-internet/,
di unduh Hari Kamis, 07 Maret 2013 pukul 08.40.
1 komentar:
http://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/boy-emoticon-014.gifhttp://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/emo-girl-001.gif
Posting Komentar